Tak Ada Salahnya Menjadi Biasa

Mungkin di luar sana, beberapa orang kerap menganggap hidupmu lucu hingga sering dijadikan sebagai bahan candaan; dianggap konyol hingga berulang kali ditertawakan; terlihat biasa-biasa saja hingga dengan mudah diabaikan; awam terhadap berbagai macam fenomena hingga dianggap ketinggalan zaman; bahkan tampak kurang mengesankan hingga jarang mengundang decak kekaguman orang-orang. Namun, tak ada yang perlu dipermasalahkan. Tak mengapa jika memang dinilai demikian. Karena selama kau jalani dengan penuh kejujuran dan rasa percaya, hidupmu yang dianggap lucu dan serba biasa itu sesungguhnya merupakan sesuatu yang amat berharga. Sebab kamu selalu menjadi dirimu yang sesungguhnya, dan menjalani kehidupan sebagaimana adanya tanpa terlalu banyak drama.

Jadi, adakah yang perlu disesali saat kamu mampu jujur terhadap diri sendiri? Hidup dalam kejujuran saja terkadang cukup sulit untuk dijalani, lalu bagaimana dengan hidup yang penuh kepalsuan di sana sini? Dibayang-bayangi oleh tingginya gengsi, dihantui kekhawatiran akan depresi yang bisa kapan saja merasuk ke dalam diri… Memperjuangkan hal-hal yang sebenarnya tak diinginkan, berusaha mendapatkan sesuatu yang tak benar-benar dibutuhkan, hingga bersusah payah mengejar atensi orang-orang di sekitar, bukankah hal itu cukup melelahkan?

Kurasa, tak ada baiknya mengais penghargaan dari orang-orang jika diri sendiri justru tak mampu menghargainya. Sebab bukan mereka, namun kitalah orang pertama yang harus bisa memberikan apresiasi terhadap diri kita, sekalipun apa yang kita lakukan merupakan sesuatu yang seringkali dianggap biasa. Lagi pula, tak pernah ada yang salah dengan menjadi biasa-biasa saja di hadapan manusia, sebab bukan kepada mereka diri kita menghamba, bukan kepada ricuhnya gelombang sosial media, maupun tuntutan zaman yang semakin menggila. Dialah Allah, yang tak pernah menuntut kita untuk menjadi hebat di mata manusia, namun bagaimana menjadi sebaik-baik makhluk yang bermanfaat bagi sekitarnya. Maka, meskipun hidup kita dipenuhi dengan hal-hal yang tampak biasa, percayalah bahwa rasa syukur tak akan pernah gagal menjadikannya bermakna.

🙂

2 pemikiran pada “Tak Ada Salahnya Menjadi Biasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s