Di Antara Penduduk Langit

Ada beberapa orang yang (qodarullah) kebaikannya dikenal oleh publik tanpa ada niatan untuk menjadi terkenal sebelumnya. Niat tulusnya menjadikan dia seseorang yang dikenal tidak hanya di bumi, tetapi juga di langit. Sejak awal harapannya hanya terletak pada ridha Allah, bukan ingin dikenal oleh manusia. Namun demikian, tidak sedikit orang yang memang berusaha untuk dikenal pada bidang mereka masing-masing dengan menempuh berbagai macam cara. Terlebih, kehadiran media sosial seolah-olah menjadi angin segar bagi para pemburu ketenaran untuk mewujudkan harapannya tersebut.

Lantas, apa yang dapat kita pelajari dari kedua fenomena itu?

Apabila segala sesuatu diniatkan karena mengharap ridha Allah, maka tanpa diketahui oleh orang lain pun, pasti tidak akan ada rasa kecewa. Karena ia tau bahwa Allah Maha Mengetahui, maka cukup baginya ketika perbuatan baiknya itu diketahui oleh Allah saja. Namun, tanpa ia sadari, ternyata kebaikannya itu justru dikenal di antara penduduk langit. ما شاء الله

Lain halnya jika memperjuangkan ketenaran di bumi. Harapannya terletak pada penilaian manusia, keinginannya tertuju pada ingin dikenalnya ia oleh banyak orang. Namun, apabila perbuatan yang dilakukan ternyata merupakan sesuatu yang buruk, dinilai tidak baik oleh publik, tak ayal lagi yang akan didapatkan hanyalah kehinaan.

Diriwayatkan melalui Ali bin Abi Thalib ra., Rasulullah ﷺ bersabda, “Janganlah engkau berusaha untuk menjadi orang yang tenar dan janganlah engkau angkat dirimu untuk menjadi buah bibir dan terkenal. Akan tetapi, diamlah dan jangan banyak bicara, niscaya engkau selamat, maka engkau akan membuat senang orang-orang yang bertakwa dan menjengkelkan orang-orang yang durhaka.”

Ibrahim An-Nakha’i berkata, “Janganlah engkau memakai pakaian yang membuat dirimu disangka sebagai orang terkemuka dan jangan pula engkau berpakaian yang membuat orang lain merendahkan dirimu.”

(Terinspirasi dari Tausiyah Harian Teh Ninih)

Gambar ©http://www.lifeofpix.com

3 pemikiran pada “Di Antara Penduduk Langit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s