Kita Hanya akan Memetik Apa yang Telah Kita Tanam

Tidak ada satupun peristiwa yang akan menimpa seorang manusia jika bukan dirinya sendiri yang menjadi penyebabnya. Dengan kata lain, berbagai kejadian dalam hidup seseorang terjadi sebagai akibat dari perbuatan yang dilakukannya sendiri.

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syuraa: 30)

Ketika hati tengah ditempatkan pada sebuah rasa kecewa, mari periksa kembali, mungkin di masa lalu diri yang lalai ini seringkali mengecewakan orang lain, hingga pada saatnya tiba, kekecewaan itupun hadir dan akhirnya memahami bagaimana rasanya berada dalam posisi kecewa. Apabila ada seseorang yang mendustai, mari mengingat-ingat lagi, mungkin kebohongan pernah terlontar dari mulut ini hingga pahitnya dusta pun akhirnya datang menghampiri. Begitu banyak peristiwa yang terjadi sebagai ganjaran atas keburukan diri, namun tak segera disadari. Terlalu banyak peringatan Allah atas dzalimnya hati, namun enggan direnungi.

Satu hal yang sebaiknya selalu diingat: jangan menyakiti jika tidak ingin disakiti. Karena segala akibat pastilah didahului oleh adanya sebab. Sekecil apapun sebab itu. Menyegerakan dalam bertaubat adalah satu-satunya tindakan yang tepat atas segala kelalaian yang telah diperbuat agar dosa-dosa segera Allah angkat. انشاء الله

Mungkin buah dari apa yang kita tanam tidak seluruhnya kita petik di dunia, namun ada sebagian darinya yang akan kita ambil di akhirat. Jadi, pilihan untuk menanam benih kebaikan atau keburukan, ada pada diri kita masing-masing.

Wallahua’lam bisshawab. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari perbuatan dzalim.

آمين

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s