Zona Waktu

Aku percaya, setiap orang memiliki zona waktunya masing-masing, begitupun aku dan kamu. Bukan tentang mana yang lebih awal, tetapi tentang bergulirnya masa secara bergantian sehingga tak ada yang saling berkejaran. Terkadang kita (termasuk aku) cenderung terpacu oleh zona orang lain yang terlebih dahulu berlalu, padahal bergulirnya waktu tidak sesepele itu. Setiap zona pasti berbeda, karena semua telah berada pada jalurnya masing-masing, beriringan dengan begitu indah tanpa saling berebutan. Namun, ada kalanya kita menjumpai perbedaan waktu sepersekian detik, sehingga membuat suatu peristiwa terjadi pada waktu yang ‘kelihatannya’ bersamaan.

Kita dapat menganalogikan jalur itu seperti rel yang dilalui oleh gerbong-gerbong berwujud manusia. Di atas rel yang panjang, setiap gerbong kereta mempunyai tujuannya masing-masing, pun dengan waktu tibanya. Adakalanya perlu berhenti sejenak di tengah perjalanan  untuk berganti jalur dengan yang lain agar tidak saling bertumbukan, karena beberapa kereta memiliki jalur dengan tujuan yang sama. Jadi, tak usah terburu, Allah memiliki perhitungan yang paling sempurna terhadap waktu, yang akan membuat setiap orang sampai pada masing-masing tujuan di waktu yang tepat.

Sebaiknya, usahlah sibuk pada zona waktu orang lain karena hal itu hanya akan membebani diri dan membuat kita melewatkan peristiwa-peristiwa penting yang seharusnya dilalui sebagai sebuah proses untuk mencapai suatu tujuan. Cukup fokuskan diri pada jalur dan alur yang kita miliki. Tak perlu merasa terhalang, apalagi menjadi penghalang karena sebagaimana kereta yang saling susul menyusul, kitapun demikian. Menyusul, bukan mengejar. Nikmatilah setiap prosesnya. Jangan sampai melewatkan pemandangan yang akan memperindah perjalanan. Memang tidak semuanya indah, karena pasti akan ada terowongan gelap hingga jurang yang amat curam. Tetapi, hal itulah yang akan menjadi penyempurna dari perjalanan waktu setiap manusia.

Jadi, selamat berjuang di zona waktumu masing-masing!

(sedang membutuhkan motivasi untuk diri sendiri)

Photo by Mike on Pexels.com

10 pemikiran pada “Zona Waktu

    1. Terima kasih…. 😊

      Iyaa benar sekaliii. Saling bersosialisasi tanpa harus bersaing antara zona waktu kita dg yg lain…

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s