Tak Perlu Cemburu, Allah Maha Adil

IMG_20171222_0006

Bukankah keliru jika kecemburuan itu kamu tujukan kepadaku? Pada apa-apa yang ada dalam diriku, pada segala sesuatu yang singgah dalam hidupku. Ketahuilah, itu semua hanya sementara, tak akan lama, karena sesungguhnya aku tak lebih dari sekadar tempat penitipan yang sedang diberikan kepercayaan. Kamu pun seharusnya tau Siapa sesungguhnya pemilik dari segala karunia yang sedang dipercayakan kepadaku. Bahkan, diriku inipun hanyalah segumpal darah yang Ia titipkan dalam sebuah jiwa, dan akan berakhir menjadi segenggam tanah sebagaimana asalnya. Lalu, apakah pantas dicemburui, sedangkan tak ada satupun dariku yang pantas untuk dibanggakan?

Kamupun begitu. Lihatlah semua yang ada dalam dirimu. Renungkan baik-baik segala nikmat yang pernah dan sedang menghampirimu. Tidakkah kau sadari, bahwa kamupun sedang disinggahi segala keindahan karunia dariNya, yang mungkin tak kau dapati dalam hidup orang lain, termasuk dalam hidupku? Tak ada yang lebih baik pun lebih buruk atas kamu maupun aku. Semua yang Dia berikan adalah sama. Sama-sama telah dipertimbangkan olehNya agar sesuai dengan mampumu dan mampuku. Dan kitapun sama. Sama-sama diberikan amanah yang seharusnya kita jaga sepenuh hati, dan tak seharusnya ditunggangi segala rasa “ingin” yang menyakiti. Hal itu hanya akan menyayat luka pada tanggung jawab yang sedang diamanahkan olehNya.

Dan akupun begitu. Aku tak seharusnya mencemburuimu. Sikap itu hanya akan menggelapkan mataku dari rasa syukur yang seharusnya kubangun. Akupun terkadang tak memahami diriku sendiri. Dia begitu mempercayaiku, namun keikhlasan dan tanggung jawabku masih begitu ku ragukan. Sebenarnya aku sangat takut, bagaimana aku akan memberikan penjelasan ketika nanti tiba saatnya dimintai pertanggung jawaban?

Tetapi, terlepas dari segala ketidakbaikanku, aku percaya Dialah yang paling memahamiku, dan akupun percaya Dia begitu memahamimu, hingga kita sama-sama diberikan nikmat luar biasa dalam hidup untuk menjadi seorang hamba yang dapat merasakan keindahan atas segala karuniaNya. Dan yang lebih indah segala karunia adalah ketika kita bisa merasakan betapa besar cintaNya.

Nanti, ketika Dia telah merasa cukup atas segala nikmat dalam hidupmu dan hidupku, semoga pada saat itu Diapun telah ridho terhadapmu maupun aku. Lalu, kita akan sama, menjadi hamba-hamba yang dirindukanNya.

آمين

2 pemikiran pada “Tak Perlu Cemburu, Allah Maha Adil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s